Thursday, August 21, 2014

Review

Pagi ini terbangun dengan perasaan gelisah. entah itu karena bayangan dan prasangka semalam atau karena mimpi kemarin. ah itu cuma prasangka dan sebagian prasangka itu adalah dosa. itu juga cuma mimpi, bunga tidur semata. tidak perlu risau karena semua sudah dititipkan sama Alloh, biar Dia yang mengatur segalanya.
saya mau sedikit mereview kegiatan kemarin, boleh kan..?! tapi pembahasannya bukan menganai profesionalisme kerja, ini berkisar tentang apa yang terjadi dan yang telah terjadi.
1. pemegang tanggung jawab tertinggi harus menyiapkan kekuatan mental. siap berbenturan dengan semua orang. orang dengan karakter dan kepribadian yang berbeda-beda.
2. pemegang tanggung jawab tertinggi pun harus siap menerima konsekuensi kesalahan anak buahnya. meskipun no one perfect.
3. pemegang tanggung jawab tertinggi pun harus menjadi garda depan. bersiap menghadapi para eksekutif dan yudikatif.
4. tidak boleh congkak, jabatan itu sementara.
5. kurangi mengeluh. ketika menjadi anak buah, kritikan itu seperti air yang meluncur dari pancuran, mudah sekali. ketika menjadi pemegang tanggung jawab tertinggi, baru terasa bahwa itu tidak mudah. jadi stop mengumbar kritikan, sampaikan dengan cara baik-baik.
6. laksanakan dan kerjakan!!!
kegiatan besar itu memerlukan tenaga, pikiran, dan kesabaran ekstra. pelajaran berharga bagi yang mau belajar. We have two ears and one tongue so that we would listen more and talk less - Diogenes.

No comments:

Kembali ke Titik 0

Siang ini, saya membaca tulisan seorang guru (anggap saja begitu). Meskipun tidak pernah bertegur sapa dan beliau hanya mengenal saya sekali...